Thursday 22 March 2012

Tomcat

Berikut Apa itu tomcat?
Nama serangga ini adalah Rove. ukuran satu cm.Badan warna kuning gelap di bagian atas, bawah abdomen dan kepala warnagelap. Bag tengah perut warna hijau tua punya sepasang sayap keras. sekilas menyerupai semut merah.
Tp tidak menyengat atau menggigit. Jika tersentuh pada permukaan tubuh hewan ini maka ia secara otomatis mengeluarkan cairan hemolimfe yang terdapat di dalam badan (kecuali sayap) yang bersifat racun.
Kontak tdk langsung melalui handuk, pakaian atau benda lain yang tercemar racun tomcat tsb. juga mendapatkan reaksi yang nyaris sama dengan menyentuhnya langsung. Menghancurkannya pada badan atau mengosok dgn jari yg kotor akan menyebabkan konjunktivitis dan peny kulit yang serius. Setiap handuk, baju, kaos kaki dll yg terkontaminasi cairan tubuh Tomcat harus didesinfeksi dg antiseptik.
Kegatalan, rasa panas dan kemerahan adalah reaksi awal kontak dgn tomcat. Segera basuh kulit yg terkena, mandi seluruh tubuh dgn sabun antiseptik. Reaksi selanjutnya adalah penyakit kulit serupa dgn Herpes, terdapat semacam ruam yang berair yg ukurannya membesar. Segera ke dokter jika dirasakan kegatalan yang makin menjadi dan ruam yang mulai timbul. Biasanya dokter akan memberikan obat-obat salep corticosteroid untuk mengurangi gatal dan salep antibiotika untuk pengobatan topikal. Untuk efektifitas biasanya diperlukan pengobatan oral (minum) dengan preparat obat yang sama.
 
Semoga tulisan ini bermanfaat. Terimakasih. Dr. Dicky Budiman, Ahli kesehatan Masyarakat dan Kesehatan Lingkungan