Friday 26 August 2011

Cingcau

Cincau merupakan penganan yang biasa dijadikan campuran minuman dalam menu berbuka puasa.

Cincau berasal dari bahasa Cina 'sienchau' atau 'xian cao', yang berasal dari tanaman Mesona. Melalui proses peremasan dan perendaman daun Mesona spp, terciptalah cincau. Tanaman ini mudah di jumpai di kawasan Asia, khususnya Cina, Filipina, Birma, India dan Indonesia.

Panganan ini memiliki beragam warna seperti hitam dan hijau. Cincau hitam yang kenyal dan padat berasal dari daun Mesona palustris yang dalam bahasa Jawa disebut janggelan, serta tanaman perdu (Premna serratifola).

Sementara cincau hijau terbuat dari daun tanaman Cyclea barbata yang dalam bahasa Sunda disebut tarawulu, tanaman asli Asia Tenggara. Cincau hijau lebih mudah hancur, lebih lunak, dan aroma daunnya lebih khas dibandingkan dengan cincau hitam.

Cincau diyakini memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Di Malaysia, cincau sering digunakan sebagai obat tradisonal penurun panas. Sedangkan di Vietnam dan Laos, cincau dipercaya sebagai pereda sembelit, maag, diare, dan perut kembung. Efek yin dari cincau mampu mendinginkan sekaligus meredakan gangguan perut selama berpuasa.

Cincau cocok pula bagi penderita hipertensi. Kandungan Alkaloid tetranide mampu menurunkan tekanan darah secara signifikan. Fakta telah membuktikan bahwa daun tanaman cincau memiliki banyak khasiat, karena memiliki kandungan vitamin A, nutrisi, serat, dan antioksidan yang melimpah.

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!