Sunday 18 September 2011

Nasehat Agama

بِسْـــــــــــمِاللهِالرَّحْمَنِالرَّحِيْـــــــمِ

Waktu adalah sesuatu yg sangat berharga, maka jangan biarkan waktu berlalu dg sia2, kecuali kita isi dengan sesuatu yg berharga.
Kelakuan, pikiran, sikap, tutur kata, dan apapun yg kita lakukan semuanya pasti memakan waktu, sehingga kita tdk boleh melakukannya dg sia2, kecuali bila dipandang berharga dan bermanfaat.

Kalau dlm setiap perpindahan waktu kita mampu melakukan sesuatu yg terbaik, maka tdk usah heran kalau hidup kita senantiasa membawa manfaat terbaik pula.

Orang yg efektif akan menjadikan pertambahan waktunya sebagai peningkatan mutu iman dan mutu amalnya. Setiap waktu terus meningkatkan dirinya, sehingga kehadiran dirinya di dunia ini menjadi jalan nasehat, baik dengan tutur kata atau perilaku bagi orang lain, dlm kebenaran dan kesabaran. Setiap waktunya dia olah agar semakin hari semakin rindu akan nasehat. Inilah sesungguhnya orang yg beruntung.

Sebaliknya, orang yg tdk menggunakan waktunya dalam empat perkara (iman, amal, nasehat-menasehati dlm menatapi kebenaran, dan nasehat-menasehati dlm menatapi kesabaran), menurut Allah SWT yg menciptakan hidup ini, adalah orang yg akan merugi hidupnya, walaupun berumur panjang (QS Al' Ashr: 1-3)

Mudah2an bermanfaat.
آمِّينَ يَ رَ بَّلْ عَلَمِيّ
dicky budiman, dr. M.Sc.PH
Head of Bilateral Cooperation
MoH RI

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!